Percaya

PERCAYA
By GC Sep 3, 2015

Saat ini ketika gonjang-ganjing ekonomi melanda seluruh dunia, kita bisa melihat negara mana yg dipercaya org dan negara mana yg krg dipercaya sehingga mata uangnya trs merosot tajam.

Francis Fukuyama Se-org Political scientist asal America menulis dlm bukunya: Trust: The Social Virtues and The Creation of Prosperity bhw siapa bangsa yg secara sosial populer & dpt dipercaya maka bangsa tsb akan lbh makmur.

Dlm sebuah studi yg dilakukan th. 2014 oleh Paul R. Ward dkk utk membuktikan teori fukuyama di atas di 6 negara Asia Pacific ditemukan bhw Australia adalah negara yg patut disebut "High Trust Society" juga Hongkong & Taiwan. Sementara Jepang, KorSel & Thailand masuk ke kategori "Lower Trust Society"

Bbrp org turis asal Indo yg pergi ke Perancis blm lama ini diirampok tepat di dpn hotel di kota Paris. Sementara ada pengalaman dari beberapa turis asal Indonesia yg kehilangan dompet di Swedia, Denmark atau Swiss yg mana dompet mrka dikembalikan secara utuh. Hal ini jelas memperlihatkan mana negara yg bisa dipercaya & mana yg tdk. Tingkat kepercayaan ini akan berimbas ke ekonomi negara tsb.

Kepercayaan itu spti sebuah dasar pernikahan. Ketika kita menikah & mengikat janji. "For better for worse, In sickness & In health" maka apa pun yg terjadi kita akan loyal pada pasangan kita. Bgm hubungan kita dgn pemerintah? Apakah pd saat turbulensi ekonomi yg buruk di Indo, kita hilang kepercayaan kita dan "meninggalkan" Indonesia? Atau kita tetap loyal? For better, for worse?
 
Kepercayaan itu sesungguhnya membangun reputasi. Kepercayaan terjadi saat tdk dilihat. Kualitas hubungan, kualitas produk, kualitas pelayanan trs terjaga baik. Namanya punya integritas & akuntabilitas.
 
Kita jg hrs mengerti bhw "Past behavior predicts future behavior" Utk itu mulailah menjadi pribadi yg bisa dipercaya, sebab sebuah negara terdiri dari penduduknya. Bila penduduknya bisa dipercaya maka makmurlah negara tsb.
 
Have a GREAT day! GC

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Percaya"

Post a Comment