Wednesday, September 2, 2015

Trust is glue of life

TRUST IS THE GLUE OF. LIFE
By GC, Sep 1, 2015

Se-org pria bertanya pd se-org penjual minuman.
"Pak, Aquanya berapa ya hrgnya?
Bpk: "Rp. 4.000 mas"
"Ya sdh beli 2 ya pak"
Bapak itu berdiri & mengambil 2 botol aqua ukuran 600 ml.
SiPembeli: "Astaga... Ternyata bapak itu buta" (‪dlm‬ hati)
"ini uangnya pak." Seru si Pembeli
Bpk: "Er 2 jd 8.000 ya"
"iya"
Bpk: uangnya brp ya mas?
Si pembeli: "10.000 rupiah"
Bpk: bntr ya kembalian nya

Bpk itu sibuk membongkar uang di tas pinggangnya..nyaris kluar smua uangnya. Dgn menggenggam uang, bpk tsb berkata: "Ambil aja mas kembaliannya."
Sipembeli pun terkejut mendengar perintah dari si Bpk.

"Pak. Klo saya kasih uangnya 2.000 rupiah terus saya ambil kembali nya 20rb. Bpk kan ga tau. Trs nanti bpk rugi dong?"
Bpk: "Gusti Allah ga akan salah alamat ksh rejeki mas. Klo skrg saya hrs rugi, saya yakin Gusti Allah pasti lg nyiapin rejeki lain buat saya.. Dan bpk percaya pada kamu..."

Ya Tuhan, bergetar hati rasanya ktka mendengarnya ‪#‎speechles
bpk: "Udh ambil kembaliannya?
"Er.. ga usah d pak.. hari ini. .Allah kirim rejeki lbh utk bpk.."
Bpk: "Alhamdulilah, Terima kasih mas"

"Trust is equal parts character and competence... You can look at any leadership failure, and it's always a failure of one or the other." Stephen M.R. Covey, The Speed of Trust

Sesungguhnya di dunia ini kita tdk dpt hidup tanpa "trust". Setiap hari ketika kita berangkat kerja / sekolah maka kita mau tdk mau hrs menggantungkan hidup kita pd org lain & utk itu kita perlu menaruh kepercayaan kita. Mis: kita membeli sarapan pagi kita, bgmn kalo makanan tsb tercemar racun atau bakteri? Kita tdk pernah berpikir begitu bkn? Karena kita "trust". Tanpa "trust" hidup kita selalu dipenuhi oleh ketakutan & rasa was2.

Trust is the glue of life. Sekali kita mendapat kepercayaan semua urusan akan semakin lancar. Birokrasi dlm perusahaan kerap terjadi simply karena tdk terjadinya "Trust" antara atasan & bawahan.

Have a GREAT Tuesday! GC

Tuesday, September 1, 2015

Cari pria kaya

CARI PRIA KAYA
Author: Unknown
Edited by GC, Sep 1, 2015

Pada suatu forum netizen di US: “Apa yg hrs saya lakukan utk dpt menikah dgn pria kaya? Usia saya 25 thn. Sgt cantik & bersahaja.  Saya ingin menikah dgn pria kaya yg income pertahun diatas 500rb USD (+/-Rp.5,5M). Saya tdk matre, tapi realistis. Di New York income tsb hanya gol kelas menengah. Adakah pria dgn syarat sda di forum ini yg tertarik?"

Seorg ahli keuangan Wall Street Financial menjawab: "Wahai Gadis Jelita, Saya sgt antusias membaca posting anda. Saya yakin banyak gadis2 yg memiliki pertanyaan senada dgn Anda. Izinkan saya menganalisa situasi anda dari sudut pandang investor profesional. BTW Income saya > 500rb USD / th.

Dr sudut pandang seorg pebisnis, menikah dgn Anda adalah keputusan yg buruk. Jawabannya sederhana. Sebenarnya apa yg ingin Anda lakukan adalah pertukaran antara “kecantikan” & “uang”. Kelihatannya adil & ckp wajar.

Masalahnya... Penghasilan saya akan meningkat dr thn ke thn. Tapi, anda tdk akan tambah cantik tiap thnnya. Karena itu dr sudut pandang ekonomi: saya adalah aset yg ter-apresiasi sdgkan anda adalah aset yg ter-depresiasi. Depresiasi yg Anda alami bkn depresiasi normal, tapi depresiasi eksponensial. Jika hanya ini aset Anda, nilai Anda akan sgt mencemaskan 10 thn kemudian.

Dgn menggunakan istilah yg kami gunakan di Wall Street, setiap perdagangan memiliki posisi. Pacaran dgn Anda jg memiliki “posisi perdagangan”. Jika nilai aset yg didagangkan menurun, maka kami akan menjualnya. Bukan ide yg baik utk mempertahankannya. Bgtu juga dgn pernikahan yg Anda inginkan.

Mungkin perkataan saya kejam, tapi Pria dgn income 500rb USD tentu bkn org bodoh. Ia pasti akan pacari anda, utk menikahi? Mungkin tdk. Saran saya, lupakan mencari cara menikahi pria kaya.

Melainkan, Buat agar diri Anda kaya & berpenghasilan 500rb USD, itu lbh berpeluang ketimbang mencari pria kaya yg bodoh. Semoga jawaban saya membantu. Ttd, JP Morgan"

Have a GREAT Monday! GC

Monday, August 31, 2015

Manajemen waktu

MANAJEMEN WAKTU
By Stephen R. Covey
Trans & Edited by GC Aug 28, 2015

"Ketrampilann apakah, jika kita pelajari & mengamalkannya secara trs menerus, akan menghasilkan dampak positif yg bkn hanya pada hidup kita tapi juga karir kita?" tanya Covey pd sebuah seminarnya...

Jawabannya adalah: "MANAJEMEN WAKTU"

Se-org professor berbicara didpn sekelompok mahasiswa bisnis, ia memakai ilustrasi yg tdk akan dilupakan oleh para siswanya.

Dia berdiri & mengeluarkan toples berukuran galon yg bermulut cukup lebar & meletakkannya diatas meja. Lalu ia juga mengeluarkan sekitar selusin batu berukuran kepalan tangan & meletakkan dgn hati2 batu2 itu kedlm toples.

Ketika batu itu memenuhi toples & tdk ada batu lagi yg muat utk masuk kedalamnya, dia bertanya: “Apakah toples ini sdh penuh?”

Semua siswanya serentak jawab, ”Sdh! Prof: "Benarkah?" Dia lalu meraih dari bawah meja sekeranjang kerikil. Lalu dia memasukkan kerikil2 itu sambil mengguncang2nya, sehingga kerikil itu mendapat tempat diantara celah2 batu2 itu.

Lalu ia bertanya kpd siswanya sekali lagi: “Apakah toples ini sdh penuh? Kali ini para siswanya hanya tertegun “Mungkin blm!”, salah 1 dari siswanya menjawab. “Bagus!” jawabnya.

Dari bawah meja ia mengeluarkan sekeranjang pasir. Dia mulai memasukkan pasir itu ke dlm toples & pasir itu dgn mdh lgsg memenuhi ruang2 kosong diantara kerikil & bebatuan.

Prof: “Apa maksud ilustrasi ini?” Seorg siswa menjawab, “Maksudnya, betapapun penuhnya jadwalmu, jika kamu usaha, msh dpt sisipkan jadwal lain kedlmnya!”
“Bukan!”, jawab Prof, “Sebenarnya ilustrasi ini mengajarkan kita bahwa..

JIKA BUKAN BATU BESAR YG PERTAMA KALI KAMU MASUKKAN, MAKA KAMU TdK AKAN PERNAH DPT MEMASUKKAN BATU BESAR ITU KE DLM TOPLES TSB.

Letakkanlah hal yg besar (Keluarga, Kesehatan, Edukasi dll terlebih dahulu dlm hidupmu, Sebab bila kita menaruh hal2 kecil spti games, facebook, dll terlebih dulu. Akan sgt sulit menaruh batu besar dlm hidup kita."

Hv a Wonderful Friday! GC

Sunday, August 30, 2015

Mengatur waktu

MENGATUR WAKTU
Author: Unknown
Edited by GC, Aug 27, 2015
 
Pd suatu ketika ada seorang Kaisar yg mengatakan kpd jenderalnya yg setia mengabdi: "Oleh karena pengabdianmu yg luarbiasa saya ingin memberi hadiah. Sejauh kamu bisa mengendarai kudamu & menjangkau wilayah sebanyak yg kamu mampu & mengitarinya, maka saya akan memberikan wilayah tsb untukmu."
 
Sang jenderal segera saja melompat naik ke atas kudanya dan secepat kilat pergi melakukannya.
 
Dia terus memacu dan memacu serta mencambuk kudanya.
 
Setelah beberapa lama ia pun merasa lapar dan lelah namun dia tdk mau berhenti karena dia sgt ingin memperoleh wilayah sebanyak mungkin.
 
Pada akhirnya, saat ia telah menjangkau wilayah yg cukup besar, ia pun kelelahan dan sekarat.
 
Sang jenderal lalu bertanya kpd dirinya sendiri, “Mengapa aku memaksa diriku begitu keras utk menjangkau begitu banyak? Sekarang aku sekarat, yg aku perlukan saat ini hanya sebidang tanah yg sgt kecil utk menguburkan diriku sendiri.”
 
Frenz….
 
Kisah di atas sama dgn perjalanan hidup kita. Tiap hari kita memaksa diri dgn keras utk mengumpulkan uang, kekuasaan atau menjadi tenar (money, power or fame). Kita mengabaikan kesehatan, waktu bersama keluarga, sahabat, lingkungan sekitar dan hobi yang kita sukai.
 
Saat kita melihat ke belakang, kita akan menyadari bahwa sebenarnya kita tak membutuhkan sebanyak itu, namun kita tak bisa mengembalikan waktu yg terlewatkan.
 
Ingatlah bahwa hidup ini bkn hanya utk bekerja menghasilkan uang, mendapatkan kekuasaan atau ketenaran.
 
Hidup perlu keseimbangan antara bekerja & bermain, utk keluarga, sahabat & waktu pribadi. Dan yg tdk kalah pentingnya adalah memiliki hubungan pribadi dgn Sang Pencipta alam semesta.
 
Kita hrs memutuskan bgmn caranya menyeimbangkan hidup!!!
 
“Tentukan & Atur Prioritas Hidup Kita dgn Bijaksana.”.
 
ATURLAH WAKTU KITA, JANGAN BIARKAN WAKTU MENGATUR KITA
 
"Don't get so busy making a living that you forget to make a life." Dolly Parton
 
Have a great day! GC

Friday, August 28, 2015

Membeli waktu

MEMBELI WAKTU
By Andre Wongso
Edited by GC, Aug 26, 2015

Pd suatu mlm, se-org Ayah pulang kerja. Hari itu jam 9 mlm & sgt melelahkan. Anaknya 8 th yg duduk di kls 2 SD menunggunya di dpn pintu rumah.  Sptinya ia sdh lama menunggu.

“Kok blm tidur?” sapa sang Ayah.

“Aku menunggu Papa pulang. Pa.. brp sih gaji Papa?”, kata sang anak.

“Lho, tumben, kok nanya gaji Papa segala? Kamu mau minta uang lagi ya?”

“Ah, nggak pa, aku pengin tau aja…”
.
“Oke, coba hitung ya. Setiap hr Papa kerja sekitar 10 jam & dibayar Rp. 400.000/hr. Setiap bln rata2 dihitung 25 hr kerja. Jadi gaji Papa 1 bln brp?!”, tanya sang ayah.

Si anak kemudian lari mengambil kertas dr meja belajar.

Ktka sang Ayah ke kamar utk ganti pakaian, sang anak mengikutinya.

“Kalo 1 hr Papa dibayar Rp 400.000 utk 10 jam, berarti 1 jam Papa digaji Rp 40.000 dong!”

“Pinter, skrg bobo ya..sdh malam!”

Tapi sang anak diam. “Papa, aku blh pinjam uang Rp 10.000 ngak?”

“Aduh.. buat apa minta uang mlm2 gini. Sdh, bsk pagi saja. Skkrg bobo”

“Tapi papa..”

“Sdh, ayo bobo” suaranya meninggi.

Anak kecil itu balik menuju kamarnya.

Sang Ayah tampak menyesal. Ia menghampiri anaknya di kamar. Anak itu sdg ter-isak2 sambil memegang uang Rp 30.000.

Sambil mengelus kepala sang anak, “Maafin Papa ya! Kenapa sih kamu minta uang mlm2 gini. Bsk kan msh bisa. Jgnkan Rp.10.000, lbh dari itu jg blh. Kamu mau beli mainan?”

“Papa, aku ngga minta uang. Aku pinjam…nanti aku kembalikan kalau sdh menabung lagi dari uang jajanku.”

“Iya..iya..tapi buat apa??” tanya sang Papa.

“Aku nunggu Papa plg hari ini dari jam 8. Aku mau ajak Papa main ular tangga. 1 jam saja pa, aku mhn. Mama srg bilang, kalo waktu Papa itu sgt berharga. Jadi aku mau beli waktu Papa. Ditabunganku cuma ada 30 rb. Krg 10 rb utk membeli 1 jam waktu papa."

Speechless Ia pun memeluk erat anak kecil itu sambil menangis.  ia bgtu terenyuh.

“Maafkan Papa sayang… Papa khilaf, selama ini Papa lupa utk apa Papa kerja keras..”

Hv a GREAT day! GC

Thursday, August 27, 2015

Moment

MOMENT!
Author: Unknown
Trans & Edited by GC Aug 25, 2015
 
Suatu ketika seorang pria meninggal dunia…..
 
Ketika dia menyadarinya, dia melihat Tuhan yg bgt terang benderang menghampirinya dgn sebuah koper di tangannya.
 
Selanjutnya ini adalah dialog diantara mereka:
 
T (TUHAN): Baiklah anakku, saatnya utk berangkat
 
P (Pria): Begitu cepatnya? Saya msh punya banyak rencana Tuhan …
 
T: Maafkan saya, tapi saat ini kita hrs berangkat!
 
P: Lalu apa yg Tuhan bawa di koper tsb?
 
T: Semua yg kamu miliki …..
 
P: Semua milik saya? Maksud Tuhan: Pakaian2? Uang?
 
T: Semua itu bukan milikmu, itu milik bumi.
 
P: Barangkali kenangan2 saya?
 
T: Tidak, itu milik sang waktu.
 
P: Apakah mungkin itu talenta2 saya?
 
T: Bukan, Mrk milik dari Keadaan
 
P: Apakah teman2 & sanak saudara saya?
 
T: Tdk anakku, mereka milik dari perjalanan yg engkau arungi
 
P: Bgmn dgn istri & anak2 saya?
 
T: Tidak!, mrk adalah milik hatimu
 
P: Bgmn dgn tubuh saya?
 
T: Tidak…. Sebab tubuhmu itu milik debu …
 
P: OK… kalau begitu barangkali jiwa saya?
 
T: Kamu sgt menyedihkan anakku ... semuanya salah duga… Jiwamu itu adalah milikku…
 
Pria itu dgn air mata di wajahnya & dgn rasa takut mengambil koper tsb dari tangan Tuhan lalu membukanya …
 
Kosong …
 
Dgn hati yg remuk redam & tangis mengalir di pipinya dia bertanya pada Tuhan …
 
P: Saya tdk pernah memiliki apa pun?
 
T: Ya benar sekali … Kamu tdk memiliki apa pun.
 
P: Jadi? Apa yg menjadi kepunyaan saya?
 
T: Moment2 telah engkau lewati... Setiap moment yg engkau hidupi & lewati itulah milikmu.

"Be happy for this moment. This moment is your life." Omar Khayyam

Do Good in every moment
Think Good in every moment
Thank God for every moment
 
Life is just a Moment.
 
Live it...
Love it...
Enjoy it...
 
Have a GREAT MOMENT in your life! GC

Wednesday, August 26, 2015

Waktu

WAKTU
Rcvd fr. James T. Riady
Edited by GC

Siapa yg hidup didunia ini yg tdk bergantung pada waktu. Tidak ada bukan? Setiap mahluk hidup hrs berjalan di koridor WAKTU. Ada waktu dimana kita sukses ada waktu kita gagal, ada waktu senang ada jg waktu yg membuat kita sedih. Semuanya akan terus bergulir & akan kita tinggalkan.

Di Indonesia, waktu hanya merupakan ukuran / gambaran "saat / moment" yg sama, baik utk menggambarkan saat baik maupun saat buruk.

Begitu juga bhs Inggris "TIME" atau pun bhs Cina  时间 (Shíjiān) atau bhs2 lainnya. Waktu ya waktu tdk ada perbedaannya. Namun dibahasa Yunani kata waktu ada 2 yaitu:

1. Chronos / Χρόνος yg menggambarkan saat / waktu yg berlalu & tdk mempunyai arti apa2.

2. Kairos / καιρός saat atau waktu yg mempunyai arti yg sgt berharga.

Dlm bhs Yunani ini kita belajar 1 hal ttg waktu, apakah kita hanya akan membiarkan waktu kita berlalu & mengalir begitu saja yg disebut sbg Chronos ataukah kita mau membuat setiap detik waktu kita berjalan dgn baik yg mana moment tsb akan kita kenang trs sbg Kairos.

Lalu bgmn caranya mengubah waktu kita dari biasa2 aja menjadi luar biasa & menjadi waktu baik atau Kairos.

Jawabannya sgt sederhana... Sudahkah kita merencanakan waktu kita dgn baik? Sudahkah waktu2 yg terpenting dlm hidup ini sdh di masukkan agenda?

Sebab hidup ini sesungguhnya  penuh arti dan mari jadikah setiap waktu yg berlalu tdk berlalu begitu saja tapi boleh berlalu dgn penuh arti dan makna yg besar. Ingat apa yg dikatakan oleh Benjamin Franklin: "Lost time is never found again" oleh karenanya gunakan waktu kita dgn penuh kearifan & rencanakan!

"Time changes everything except something within us which is always surprised by change." Thomas Hardy

Have a GREAT Monday! GC