9/11 ERM (Enterprise Risk Management)

9/11 ERM (Enterprise Risk Management)
By GC Sep 11, 2015

Pada tgl 11 Sep 2004, 2 pesawat berisi bahan bakar penuh (American Airlines 11 & United Airlines 175) menabrakan pswt tsb dgn kecepatan tinggi di Menara utara dan selatan komplek World Trade Center di New York City, USA. 2 pesawat lagi berhasil dilumpuhkan dan jatuh diluar target. Serangan ini membunuh 2.996 orang termasuk 19 pembajak serta kerugian diatas 10 Milyar USD.

Semua orang asal mulanya merasa nyaman dan tidak pernah berpikir bahwa peristiwa tragis tsb dpt terjadi hingga hal tsb menjadi kenyataan baru semua org bertanya: Kok bisa?

Ini adalah sebuah kejadian katastropik yg pernah terjadi di dunia dari banyak lagi kasus2 lainnya. Misalnya yg dekat dengan kita: Kasus kerusuhan tahun 1998, Kasus Tsunami Aceh yg banyak meninggalkan korban.

Setiap tahun ketika kita mengingat kejadian2 ini, maka setiap negara, perusahaan, individu seharusnya berpikir: Sudahkah kita menyusun list yg berisi risiko2 yg mungkin saja dapat terjadi.

Apakah kita akan memandang remeh org2 yg menafsirkan akan terjadinya risiko tsb. Sebab sesungguhnya kejadian 911 ini sdh dilukiskan secara gamblang dalam Novel yg ditulis oleh Tom Clancy Debt of Honor yg ditulis di th. 1994. Kalau saja ada org yg concern dan memitigasi risiko yg mungkin terjadi serta melakukan langkah2 antisipatif maka mungkin bisa dihindari paling tidak meminimalisir jumlah korban yg jatuh akibat kejadian tsb.

Bagaimana dgn kita? Risiko apa yg harus kita antisipasi? Sudahkah kita menyiapkan langkah2 utk meminimalisir risiko tsb? Doa saya semoga kita semua dihindarkan dari marabahaya dan kerugian2 akibat munculnya situasi yg kita tdk siap menghadapinya.

"There is always risk. Your job is to learn to manage risk rather than avoid it." Robert Kiyosaki

"The biggest risk is not taking any risk... In a world that changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks." Mark Zuckerberg

Have a GREAT day! GC

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9/11 ERM (Enterprise Risk Management)"

Post a Comment