SUKSES & AROGANSI

Part I
By Galatia Chandra
Posted by CHEERFULMAN

Seorang pengusaha bercerita bagaimana susahnya ia membangun bisnisnya. Ceritanya mengharukan sekaligus heroik ketika dia hrs tidur di kolong jembatan saat pertama tiba di Jakarta ketika itu dia msh remaja.

Dgn susah payah dia merangkak dari bawah utk bertahan hidup. Menikah tanpa uang sepeser pun. Hidup di rumah kontrakan kecil. Tetapi, dia tdk patah semangat. Dia mengamati cara kerja org sukses, mencontoh & memodifikasi sendiri produknya. Akhirnya dia pun sukses. Dia berhasil membangun 3 pabrik yg cukup besar.

Namun, sayang sekali. Perusahan itu kini diterpa badai masalah internal. Pemicunya tak lain adalah sikap pemimpin yg arogan. Dia otoriter & antikritik. “Kalau saya bisa, kalian jg hrs bisa,” katanya pongah. Dia pun menolak ide2 baru. Dia mengelola perusahaan dgn apa maunya & mood dia. Turn over karyawan pun tinggi. Sisanya hanya kelompok para ‘penjilat’ yg tdk berani melawan.

Dia menginginkan anak buahnya di-training. Padahal, dia sendiri yg perlu ditraining.

Inilah situasi yg sering terjadi pd org2 sukses. Kesombongan yg menulikan telinga dan membutakan mata. Menjadikannya tdk mau mendengarkan org lain dan membutakan matanya terhadap situasi yg sungguh perlu diperbaiki yg sesungguhnya adalah dirinya sendiri.

Seorg CEO dari perusahaan Fortune 100 mengatakan, “Success can lead to arrogance. When we are arrogant, we quit listening. When we quit listening, we stop changing. In today’s rapidly moving world, if we quit changing, we will ultimately fail.” (Sukses bisa membuat kita jadi arogan. Saat kita arogan, kita berhenti mendengarkan. Ketika kita berhenti mendengarkan, kita berhenti berubah. Dan di dunia yang terus berubah dengan begitu cepatnya seperti sekarang, kalau kita berhenti berubah, maka kita akan gagal).

Mari, buka telinga & hati kita utk menerima perubahan. Teruslah belajar & singkirkan kesombongan kita. Agar kesuksesan kita trs melaju.

WUATB, Success 4 U

2 B continued...

Have a CHEERFUL day 😊😊😊!!! RSF

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "SUKSES & AROGANSI"

Post a Comment