PERILAKU BIJAK

Rcvd fr: Anyan
Edited by GC
Posted by CHEERFULMAN
                             
Seorg anak yg bekerja sbg tukang koran, suatu hr memecahkan kaca jendela seorg nenek langganannya tanpa sengaja.

Krn takut, ia buru2 kabur & berharap tdk ada yg melihatnya. Keesokan harinya saat mengantarkan koran, hatinya deg²an. Di dpn rmh tampak nenek itu sdg duduk. Ketika dia menatap muka Sang Nenek, Sang Nenek itu pun tersenyum.

Anak itu menundukkan mukanya tdk berani memandang wajah nenek itu & pergi. Selama bbrp hari, anak tsb merasa hatinya tdk damai. Akhirnya ia bertekad utk mengumpulkan uang dgn menyisihkan uang jajannya.

Pd Suatu malam ia memasukkan uangnya ke dlm sebuah amplop dgn kertas, “Maafkan saya krn tlh memecahkan kaca jendela rumah nenek. Ini uang penggantinya. TK.” Dia menyelipkan uang tsb dibawah pintu rumah Si Nenek.

Ia pun tersenyum & malam itu ia tidur dgn nyenyak.  Esoknya ketika mengantarkan koran, ia melihat nenek itu tersenyum kpdnya spt biasa.
Hatinya terasa plong & ia pun berani membalas senyumannya.

Nenek itu berkata, “Sebentar nak, saya ada kue untukmu...” Stlh berterima kasih, ia pun melanjutkan mengantarkan koran. Alanglah terkejutnya saat ia melihat sebuah amplop di antara kue, persis spt amplopnya.

Di dlmnya terdapat uang sebesar uangnya & secarik kertas bertuliskan, “I’m proud of you... (saya bangga dgn kamu...)”. Anak itu terduduk lemas & terharu. Ternyata nenek tua itu mengetahui, tp tdk pernah menegurnya.
Sungguh nenek yg bijak.

Perilaku Bijak menyelesaikan banyak masalah. Jadilah berani jika kita melakukan perbuatan benar. Takutlah utk melakukan perbuatan yg salah. Introspeksi dan koreksi diri kita selalu agar hidup kita tenang dan bahagia.

Balaslah Kejahatan dengan Kebaikan itu adalah perilaku bijak. Sebab perang tdk akan pernah selesai jika kejahatan dibalas dgn kejahatan. Menurut Sun Tzu jika perang berlangsung lama, 2 belah pihak kalah. Kemenangan sempurna terjadi jika perang diselesaikan tanpa perang.

Have a CHEERFUL day😊😊😊!!! RSF

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PERILAKU BIJAK"

Post a Comment