Membeli waktu

MEMBELI WAKTU
By Andre Wongso
Edited by GC, Aug 26, 2015

Pd suatu mlm, se-org Ayah pulang kerja. Hari itu jam 9 mlm & sgt melelahkan. Anaknya 8 th yg duduk di kls 2 SD menunggunya di dpn pintu rumah.  Sptinya ia sdh lama menunggu.

“Kok blm tidur?” sapa sang Ayah.

“Aku menunggu Papa pulang. Pa.. brp sih gaji Papa?”, kata sang anak.

“Lho, tumben, kok nanya gaji Papa segala? Kamu mau minta uang lagi ya?”

“Ah, nggak pa, aku pengin tau aja…”
.
“Oke, coba hitung ya. Setiap hr Papa kerja sekitar 10 jam & dibayar Rp. 400.000/hr. Setiap bln rata2 dihitung 25 hr kerja. Jadi gaji Papa 1 bln brp?!”, tanya sang ayah.

Si anak kemudian lari mengambil kertas dr meja belajar.

Ktka sang Ayah ke kamar utk ganti pakaian, sang anak mengikutinya.

“Kalo 1 hr Papa dibayar Rp 400.000 utk 10 jam, berarti 1 jam Papa digaji Rp 40.000 dong!”

“Pinter, skrg bobo ya..sdh malam!”

Tapi sang anak diam. “Papa, aku blh pinjam uang Rp 10.000 ngak?”

“Aduh.. buat apa minta uang mlm2 gini. Sdh, bsk pagi saja. Skkrg bobo”

“Tapi papa..”

“Sdh, ayo bobo” suaranya meninggi.

Anak kecil itu balik menuju kamarnya.

Sang Ayah tampak menyesal. Ia menghampiri anaknya di kamar. Anak itu sdg ter-isak2 sambil memegang uang Rp 30.000.

Sambil mengelus kepala sang anak, “Maafin Papa ya! Kenapa sih kamu minta uang mlm2 gini. Bsk kan msh bisa. Jgnkan Rp.10.000, lbh dari itu jg blh. Kamu mau beli mainan?”

“Papa, aku ngga minta uang. Aku pinjam…nanti aku kembalikan kalau sdh menabung lagi dari uang jajanku.”

“Iya..iya..tapi buat apa??” tanya sang Papa.

“Aku nunggu Papa plg hari ini dari jam 8. Aku mau ajak Papa main ular tangga. 1 jam saja pa, aku mhn. Mama srg bilang, kalo waktu Papa itu sgt berharga. Jadi aku mau beli waktu Papa. Ditabunganku cuma ada 30 rb. Krg 10 rb utk membeli 1 jam waktu papa."

Speechless Ia pun memeluk erat anak kecil itu sambil menangis.  ia bgtu terenyuh.

“Maafkan Papa sayang… Papa khilaf, selama ini Papa lupa utk apa Papa kerja keras..”

Hv a GREAT day! GC

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membeli waktu"

Post a Comment