Work hard work smart

WORK HARD - WORK SMART
Author: Unknown
Edited by GC
 
Di dalam got yg gelap hiduplah 2 ekor tikus bersaudara. Suatu saat ke-2 tikus ini melihat sebuah roti keju dari lubang selokan. Tikus2 ini ingin sekali memakannya. Tapi sayang lubang selokan itu ditutup oleh jeruji besi.
 
Ke-2 tikus ini berusaha utk hancurkan jeruji besi itu dgn gigi mrk yg tajam. Tapi gigi mrk mulai rusak karena jeruji itu terlalu keras.
 
Ke-2 tikus ini kecapekan, lalu istirahat. Tikus 1 berkata dlm hatinya, "aku tdk akan menyerah, setelah ini aku akan hancurkan jeruji itu dgn sekuat tenagaku. Pantang menyerah adalah pangkal keberhasilan."
 
Tikus ke-2 termenung & berpikir, "aku akan kehilangan semua gigiku jika aku nekat menggigiti jeruji itu. Ada baiknya kalau aku mengambil jalan lain saja utk mendapatkan roti keju itu."
 
Stlh istirahat sejenak, tikus 1 mulai menggigiti lagi jeruji itu dgn sekuat tenaga. Sedangkan tikus ke-2 mundur dari usahanya. Melihat tikus kedua mundur, tikus pertama mulai mengejek saudaranya itu, "kamu itu sifatnya mdh menyerah & tdk ulet, mana mungkin kamu bisa berhasil dlm hidup ini?" Tikus ke-2 tdk peduli ejekan saudaranya, dia mundur mencari jalan lain ke tempat roti keju itu.
 
Akhirnya tikus kedua berhasil peroleh jalan ke tempat roti keju itu sdgkan tikus 1 kelelahan & giginya hancur akibat menggigiti jeruji yg keras.
 
Memecahkan masalah membutuhkan proses berpikir dari sudut pandang yang berbeda serta analisa permasalahan. Sikap pantang menyerah akan menjadi sia2 jika tidak dibarengi dengan analisa
 
Ketika kita ada di dlm labirin masalah, apalagi panik, kita akan sulit melihat jalan keluar. Tariklah diri kita ke atas dengan "helicopter view" untuk melihat jalan keluar dari masalah ini. Atau tanya org yg posisinya diatas utk menunjukkan jalan keluar dari masalah kita. Itu namanya work smart.

“It is not the strongest of the species that survive, nor the most intelligent, but the one most responsive to change.” Charles Darwin.
 
Have a Wonderful Friday! GC

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Work hard work smart"

Post a Comment