Reciprocal

RECIPROCAL
By GC – Oct 09, 2015
 
di sebuah pinggiran hutan yg indah tinggal sepasang kakek & nenek..
 
Suatu hari kakek itu pergi mencari kayu bakar di hutan. Ditengah perjalanan si kakek bertemu dgn seorg pemuda yg hendak berburu binatang..
 
PEMUDA: “Kek, sdg apa kakek di sini?”
 
KAKEK: “Saya sdg mencari kayu bakar cu. Kamu sendiri sdg apa di hutan sendirian?
 
PEMUDA: “Saya sdg berburu kek, tapi sdh seharian saya kesana-kemari tapi saya blm melihat 1 buruan pun..
 
KAKEK: “Cu di sini jrg ada binatang, sebaik nya kamu coba jalan ke arah utara, di sana biasanya kakek srg melihat binatang2 spti kancil, kijang dll.”
 
PEMUDA: “Terima Ksh kek atas petunjuknya. Namun... sy pikir drpd saya muter kesana kemari & tak ada yg saya bisa tangkap, baikbya saya bantu kakek aja deh utk cari kayu bakar.”
 
KAKEK: “Ah ga usah repot2 Cu.”
 
PEMUDA: “Ga apa2 kek, sy tdk merasa repot kok, yuk kita mulai,”
 
Dan... pemuda itu pun membantu sang kakek tua itu mencari kayu bakar hingga kayu bakar tsb terkumpul banyak & cukup utk 1/2 bln, krn hr sdh larut malam si kakek pun meminta pemuda itu utk menginap di rmh kakek tsb, Pemuda itu semula bimbang, tp krn hr sdh malam, si pemuda pun akhirnya setuju utk nginap di rmh sang kakek.
 
keesokan harinya, saat pemuda itu bangun, dia pun terkejut krn di depan rmh sang kakek sdh ada banyak sekali binatang2 spt kancil/kijang/ayam dll..
 
Herannya lg semua binatang sdh terikat dan siap utk dibawa.
 
KAKEK: “Nah cu, Ini adalah imbalan kebaikan cucu membantu kakek. Terimalah!”
 
Reciprocal atau timbal balik adalah usaha manusia utk saling membalas. Sbg manusia normal kt hidup dlm keterbatasan. kt butuh org lain utk mengatasi keterbatasan kt.
 
Ada peribahasa yg berkata: "You scratch my back, I scratch yours" Kamu menggaruk punggung saya, saya menggaruk punggungmu. Peribahasa ini mempunyai 2 arti. Arti + dan -. Sebab jk kt berbuat sesuatu yg tdk menyenangkan pd org lain. Dia pun bs melakukan hal yg sama.
 
Have a great day! GC

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Reciprocal"

Post a Comment