Talenta

TALENTA
Author: Unknown
Edited by GC, Sep 16, 2015
 
Di dlm sebuah kapal ada 4 ekor hewan yg selalu menemani Nahkoda. Ada Ayam, Gajah, Harimau & Tikus. Suatu hr ke-4 hewan itu berkumpul & menceritakan kehebatan masing2.
 
Ayam berkata "Aku selalu memberi telurku pada Nahkoda kita. Berkat aku, dia dpt makanan enak & bergizi."
 
Gajah pun tak mau kalah "Aku kuat, aku selalu membantu nahkoda utk mengangkat brg2 berat."
 
Begitu pun Harimau "Aku selalu melindungi nahkoda dr serangan bajak laut & org2 jahat."
 
Hanya tikus yg terdiam. Ke3 hewan lainnya memandang tikus & berkata "Tikus apa fungsimu disini? Hanya engkau yg tak memiliki fungsi apa2, hahaha." Ejek teman2nya.
 
Suatu hr kapal itu menabrak karang & bocor. Sang Nahkoda & ke4 hewan itu pun panik. Mrk tdk tahu apa yg mereka hrs lakukan karena lokasi kebocoran berada di daerah mesin yg sulit dijangkau.
 
Kemudian Tikus berkata dgn tegas "Teman2 mungkin inilah saatnya aku dpt berguna bagi kalian." Lalu Tikus itu berlari. Dgn tubuh mungilnya, ia dgn mudah masuk ke sela2 kayu & menemukan sumber kebocoran lalu menambal bagian yg bocor tsb. Singkat cerita, kapal itupun selamat.
 
Nahkoda pun berkata "Untung ada kamu Tikus, kalau tdk kita bisa celaka." Ke3 temannya pun tertunduk malu krn tlh mengejek tikus itu.
 
Nah demikian juga halnya dgn kita. Tuhan memberikan talenta pada setiap Individu. Talenta, bisa kita kembangkan & asah. Namun begitu talenta yg kita miliki bukan utk disombongkan apalagi mengucilkan org lain. Melainkan talenta bisa digunakan utk saling melengkapi & menjadikan hidup kita semua lbh baik.

Talenta itu pemberian Tuhan, apa yg dihasilkannya tentu saja merupakan hadiah yg hrs dikembalikan pada Tuhan.
 
"Talent is God given. Be humble. Fame is man-given. Be grateful. Conceit is self-given. Be careful." John Wooden
 
Have a great day! GC

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Talenta"

Post a Comment