Kepemimpinan bukanlah jabatan

Jangan heran jika banyak orang yang punya jabatan tidak menunjukkan jiwa kepemimpinan. Karena, kepemimpinan tidak identik dengan jabatan.
 
"Jabatan dikartu nama saya menejer, bukan pemimpin. Jadi kenapa mesti ambil pusing dengan urusan macam itu? Ngejar target saja sudah bikin sibuk. Apalagi mikirin yang begitu?"
 
Anda betul. Hal itu menjelaskan mengapa jiwa kepemimpinan tidak selalu dimiliki oleh mereka yang bergelar menejer. Justru orang tanpa gelar 'M' malah yang sering memilikinya. Dan kita menyebutnya 'leader de facto'.
 
Makin jelas jika 'kepemimpinan' itu bukanlah jabatan. Melainkan sikap, perilaku, serta cara hidup yang memungkinkan seseorang memberi nilai kepada lingkungannya. Sehingga orang lain respek kepadanya. Dan bersedia untuk mendengar, dan mengikuti jalannya.
 
Jabatan tidak terkait langsung dengan kepemimpinan. Sehingga dalam posisi apapun Anda berada, Anda bisa tampil sebagai pemimpinnya.
 
Maka jika Anda belum memiliki jabatan. Jangan menunggu dipromosi dulu untuk menunjukkan kualitas kepemimpinan Anda. Lakukan sekarang saja. Supaya anugerah yang Tuhan berikan itu bisa segera Anda manfaatkan.
 
Dan insya Allah, hasilnya bakal Anda rasakan. Baik bagi diri Anda sendiri. Maupun orang-orang yang berada disekitar Anda. Anda bisa melakukannya, tanpa harus menduduki jabatan tertentu terlebih dahulu. Karena, kepemimpinan itu beyond jabatan.
 
NB: Ingin mengundang DeKa bicara dikantor Anda? Manfaatkan 50% OFF trainer fee selama bulan Ramadhan untuk semua topik trainingnya. Berlaku di Jabotabek. Terbatas hanya 10 perusahaan saja. Pendaftaran ke 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com paling lambat 18 Juni. Segera daftar.
 
Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman  
Author, Trainer, and Public Speaker
 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kepemimpinan bukanlah jabatan"

Post a Comment