Faktor Penentu

Menurut pendapat Anda; Kenapa training sering tidak efektif? Banyak faktor penyebabnya ya. Trainer yang gak asyik. Metode belajar yang tak menarik. Suasana belajar yang kurang mendukung. Juga lingkungan kerja yang tidak memberi ruang untuk menerapkan ilmu yang dipelajari.

Jadi memang banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Tetapi, kalau kita boleh menyebut 1 faktor yang paling menentukan; menurut pendapat Anda apa itu?

Sekalipun Anda berpendapat bahwa; faktor trainer yang menjadi penyebab utamanya, saya terima sepenuh hati penilaian Anda. Kita bisa belajar apa dari trainer yang nggak bagus, kan?

Tapi coba perhatikan, betapa dari hal paling buruk sekalipun kita masih bisa belajar banyak hal. Betul kan? Dari orang yang nggak ada ilmunya sekalipun kita bisa belajar sesuatu.

Demikian pula halnya dengan lingkungan ya buruk. Banyak orang yang justru bangkit dari lingkungan yang tidak mendukungnya untuk menjadi pribadi mumpuni. Ketika orang itu mengambil keputusan dan tindakan yang berbeda dari kebanyakan orang lainnya.

Sebaliknya, Anda boleh mengudang trainer terbaik. Membuat lingkungan yang kondusif. Menyediakan budget yang cukup. Tapi. Orangnya tidak punya komitmen yang kuat untuk belajar. Mungkinkah proses pendidikan dan pengembangan itu bisa efektif?

Tidak dong ya. Nah. Sekarang. Kita sudah lebih paham apa faktor yang paling berpengaruh pada proses pelatihan. Tidak berarti faktor lainnya tidak memberi pengaruh apa-apa; tapi faktor yang satu itu, sangat kritis pengaruhnya. Anda sudah paham faktor yang satu itu kan?

NB: Ingin mengundang DeKa bicara dikantor Anda? Manfaatkan 50% OFF trainer fee selama bulan Ramadhan untuk semua topik trainingnya. Berlaku di Jabotabek. Terbatas hanya 10 perusahaan saja. Pendaftaran ke 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com paling lambat 18 Juni. Segera daftar. 

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, and Public Speaker

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Faktor Penentu"

Post a Comment