Bosan

BOSAN
By GC - 11 Nov 2015
 
Di sebuah gunung yg sgt tenang, se-org Pertapa tua kedatangan se-org tamu.
 
Tamu :"Pak tua apa tidak bosan diam bertapa terus seperti itu?"
 
Pak Tua :"Bosan sesungguhnya adalah keadaan dimana pikiran menginginkan perubahan, mendambakan sesuatu yg baru & menginginkan berhentinya rutinitas hidup serta keadaan yg monoton dr waktu ke waktu. Sepanjang kita tdk berpikir ke arah sana tentu saja kita tdk akan bosan. Dan kamu kesini krn kamu bosankan dgn rutinitas kamu?"
 
Tamu :"Wah bpk hebat sekali menerkanya. Btw... Kenapa yah manusia kok bisa merasa bosan?"
 
Pak Tua :"Karena kita tdk pernah merasa puas dgn apa yg kita miliki."
 
Tamu :"Bgmn menghilangkan kebosanan?"
 
Pak Tua : "Nikmatilah kebosanan itu, maka kita pun akan terbebas darinya."
 
Tamu :"Bgmn mungkin?"
 
Pak Tua :"Coba lakukan sesuatu yg bersifat ke-kanak2an."
 
Tamu :"Contohnya? "
 
Pak Tua :"Mainkan permainan yg paling km senangi di waktu kecil dulu."
 
Lalu Tamu itu pun pergi.
 
Bbrp minggu kemudian, Tamu itu datang lagi ke tempat si Pertapa Tua tsb.
 
Tamu : "Pak tua, saya melakukan apa yg Anda sarankan. Di setiap waktu senggang saya main se-puas2-nya semua permainan anak2 yg saya senangi dulu & sungguh ajaib.

Sampai sekarang saya tdk pernah merasa bosan lagi, meskipun di saat saya melakukan hal2 yg dulu pernah saya anggap membosankan. Kenapa bs demikian, Pak Tua?"
 
Sambil tersenyum Pak Tua berkata: "Krn segala sesuatu sebenarnya berasal dr pikiranmu sendiri, anakku. Kebosanan itu pun berasal dr pikiranmu yg berpikir ttg kebosanan. Saya menyuruhmu bermain spti anak kecil agar pikiranmu menjadi ceria.

Skrg kamu tdk merasa bosan lagi krn pikiranmu ttg keceriaan berhasil mengalahkan pikiranmu ttg kebosanan. Segala sesuatu berasal dari pikiran. Berpikir bosan menyebabkan kau bosan. Berpikir ceria menjadikan kamu ceria."

"Nobody is bored when he is trying to make something that is beautiful, or to discover something that is true." William Ralph Inge

Have a great day! GC

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bosan"

Post a Comment