Kisah Bisnis Rahmat Sholeh Febriansya

Sebenernya dulu saya berbisnis karena terpaksa  ya… saat itu saya lulus MAK ponpes Alhikmah brebes. Karena nilai sy bagus dan kebetulan telah diterima PMDK (sekarang jalur undangan) di UIN Syarif Hidayatullah, saya ingin kuliah.

Tapi kenyataan tidak sesuai harapan. kaka ipar yang membiayai pendidikan sy sejak di MTs bangkrut. Ayah saya menolak membiayai kuliah karena masih ada 2 adik yang perlu biaya pendidikan. Otomatis, mau ngga mau saya harus mencari biaya sendiri untuk kuliah.

Alhamdulillah sejak juni saya sudah bekerja part time sabtu minggu di A&W restaurant. Dari situ sy bisa dpt uang jajan. 

Di hari pertama kuliah, saya belum punya tempat tinggal. Saya datang ke UIN hanya membawa pakaian dan barang secukupnya. Kaka ipar sy mengatakan punya temen di dekat UIN. Saya bisa tinggal di sana katanya.

Akhirnya sy hubungi teman kaka sy yang ternyata punya ponpes. Sejak saat itu sampai saat ini sy tinggal d sana menjadi santri dan abdi dalem.

Setiap pagi sy bantu2 pondok spt nyapu, ngepel, cuci piring, jemur pakaian, belanja ke pasar dll. Setelah itu sy berangkat kuliah. Sabtu minggu saya pulang ke rumah utk kerja di A&W.

Untuk menambah penghasilan, saya jualan gorengan, donat, dan makanan ringan di kampus. Ya Alhamdulillah dr situ sy dpt 10-15rb sehari. Selain itu saya juga kreditin barang2 spt tas, baju, sepatu dll. Saya bawa katalog, menawarkan ke teman2. Klo ada yg minat sy bawain barangnya.

Saat semester 2, ada secercah cahaya yang datang bernama MLM. Hehe.. seperti kebanyakan orang. Sy menolak di awal. Tapi setelah lihat komunitas dan apa yg dipelajari, akhirnya saya ikut. Kerja di A7W, Bisnis gorengan dan kredit saat itu sudah sy hentikan krn suatu hal.

Banyak hal positif yang sy dapatkan di MLM ini seperti “semua orang bisa sukses” dan hal positif lainnya. Tapi di sini pula sy merasa waktu sy banyak tersita dan uang yg sy dapat kurang berkah. Ada saja yg membuat uang sy cepat habis. Menurut sy, Bukan karena MLMnya, tapi cara saya menjalankan MLM itu yg membuat usaha sy kurang berkah. Saat itu sy menghalalkan segala cara seperti terlalu memaksa teman utk beli produk atau join bisnis. Hutang dengan riba untuk membeli perlengkapan dll.

Akhirnya, di semester 5 sy berhenti dari MLM dan mula berbisnis roti. Dari semua bisnis yng sy jalani, ini bisnis yang paling menguntungkan dan tidak menyita banyak waktu.

Setiap hari saya bisa mendapat minimal 50rb, tapi seringnya lebih.. hehe… sy berangkat ambil roti jam 1 atau 2 malam, pulang jam 4 pagi, shalat shubuh dan beres2 pondok, lalu berangkat ke kampus dan jualan roti di kampus. Sehari sy bs jual 100pcs lebih. Jika ditambah reseller bs sampe 200pcs.

Di semester 7, karena ada KKL dan mulai mengerjakan skripsi, bisnis roti sy mulai menurun. Reseller sy juga sudah mulai sibuk skripsi dan sebagian ada yg sudah lulus. Akhirnya sy hanya mengandalkan reseller yang tersisa dan nitip di beberapa kantin sekitar UIN.

Untuk menambah penghasilan, sy membuka jasa untuk mahasiswa akhir,.. hehe.. yaitu jasa sebar dan input data serta analisis data menggunakan spss dan lisrel. Dari sini penghasilannya agak lumayan. Minimal sy dpt 500rb per org. kebanyakan kliennya mahasiswa S2. Dan Alhamdulillah dari sinilah sy dapat uang utk menyelesaikan skripsi dan biaya wisuda.

-- 

Salam Ceria :)

@RahmatSholehF
owner BonekaBonbon.com
sms/WA:089695537837
Pin:5375993A

Dikirim oleh CHEERFULMAN

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Kisah Bisnis Rahmat Sholeh Febriansya"

  1. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    ReplyDelete