RINTANGAN dan USAHA

Rcvd fr Anyan
Edited by GC
Posted by CHEERFULMAN

Pd suatu pagi buta, se-org raja meminta beberapa prajurit istananya utk menaruh sebuah batu besar di tengah jalan lalu ia bersembunyi utk memperhatikan reaksi org2 saat melihat batu itu.

Para saudagar & jutawan melewati batu besar itu tanpa melirik. Mereka sibuk ber-cakap2 dgn sesamanya, ada yg sambil menghitung uang & ada yg wajahnya tanpa ekspresi.

Para punggawa kerajaan lewat. Setelah melihat batu besar itu, mereka mulai berbicara tentang jenis batu, perkiraan ukuran & berat, dari mana batu itu berasal, bagaimana bisa sampai di situ, berapa macam cara mengambil & mengangkut batu sebesar itu dll. Tak jarang mereka berselisih pendapat.

Beberapa anak muda melewati batu itu sambil menggerutu & menghujat pihak kerajaan. "Kenapa bisa ada batu di tengah jalan? Mengapa kerajaan lalai & membiarkan hal ini terjadi? Lalu apa yg mereka kerjakan dgn gaji yg mereka terima setiap bulannya? Kalau mereka tdk becus bekerja mengapa tdk dipecat saja & diganti dgn tenaga muda di negri ini?

Begitulah setiap org melihat batu besar itu tanpa ada yg mengangkat / menggeser batu. Senja pun datang & tiba2 seorang kakek pekerja kasar melewati jalan itu. Melihat batu besar menghambat jalan, ia mencoba menggeser batu.

Ia mengambil batu agak kecil sbg landasan utk mencongkel dan menggelindingkan batu besar itu sedikit demi sedikit hingga akhirnya berhasil ia pinggirkan. Keringat membasahi kulit tuanya. Tiba2 ia melihat kotak kecil di bawah batu itu. Dibukanya kotak itu dan ia terperanjat, ternyata isinya adalah emas dan perhiasan berharga. Di dalamnya ada secarik kertas bertuliskan:

"Setiap rintangan sesungguhnya adalah sebuah kesempatan utk menjadi lebih baik. Jika kita menaruh gula dlm teh tapi tdk mengaduknya bagaimana mungkin kita bisa merasakan rasa manisnya. Hidup itu perlu usaha, rintangan bukan utk dilihat, di perbincangkan, digerutui dll. Rintangan adalah utk disingkirkan."

Have a CHEERFUL day! RSF

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RINTANGAN dan USAHA"

Post a Comment